Wednesday, December 17, 2008

Siapa Peduli ????

di pagi hari semua orang memulai kativitas mereka masing-masing. begitu juga dengan anak-anak jalanan. Mereka bergegas bangun dari tidur mereka dan beranjak untuk menjalankan rutinitas mereka untuk mencari nafkah. Eum...sepagi itu dan anak seusia mereka mencari nafkah???Bukankah mereka seharusnya memakai seragam dengan rapi, mambawa tas yang berisikan perlengkapan sekolah, dan duduk di bangku sekolah untuk mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru....Lantas mengapa mereka malah berada di jalanan...?
Beberapa waktu lalu, aku punya kesempatan sharing dengan teman yang sudah pernah mengatasi masalah anak jalanan.Ada sebuah ucapan yang mengagetkan buat aku, "....sebagian dari mereka bekerja di jalanan atas perintah orang tua mereka sendiri, setiap harinya mereka diharuskan menyetor sejumlah uang kepada orang tua mereka sendiri, di mana uang itu untuk membiayai kehidupan keluarga mereka, seperti membayar utang..." GLLLEEEEKKKK... aku menelan ludahku, orang tua mereka sendiri, membiarkan keadaan ini terjadi pada anak-anak mereka. Berada di jalanan merupakan kehidupan yang kerasa dan ga mudahh, apalagi untuk anak-anak sekecil mereka. Aku mencoba memposisikan diriku pada para orang tua itu, mungkin mereka memang benar2 terpaksa melakukan hal ini, mungkin faktor utama yang mereka hadapi adalah faktor Ekonomi, mereka piun tidak punya jalan lain. Dan aku yakin,dalam hati kecil mereka, mereka selalu menangis ketika melihat dan membiarkan anak yang mereka lahirkan bekerja di jalanan. Trus apa yang seharusnya kita lakukan sebagai anak muda yang lebih beruntung dari mereka, untuk membantu anak-anak itu dari permasalahan ini????
Bukan hanya dengan melihat dan memperhatikan saja....kita harus melakukan sesuatu yang memang bisa membuat mereka paling tidak sedikit mempunya cahaya dalam kegelapan mereka. pendidikan...pendidikan adalah satu kunci utama yang bisa membuat mereka keluar dari keterpurukan di masa dpan mereka. Memang sulit untuk mengajak mereka peduli akan pendidikan mereka lagi,tapi selama kita mau berusaha dan kita memang mempunyai niat, kita pasti bisa membantu mereka memperoleh pendidikan baik formal maupun non formal. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin di dunia ini, asal kita mau mencoba dan tidak mudah menyerah untuk menghadapi kerikil2 di dalamnya...^^

3 comments:

  1. weits posting pertama berat juga...
    :b

    oi oi setuju ma yg qm tulis,
    andai mereka bisa memilih??!!
    andai aq, qm, qta semua bisa berbuat sesuatu buat mereka??!!
    ^^

    ReplyDelete
  2. Welcome to blogging world ...

    First posting sangat dalam ... Mantap..

    Setuju dengan statement:
    "Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin di dunia ini, asal kita mau mencoba dan tidak mudah menyerah untuk menghadapi kerikil2 di dalamnya"

    SEMANGAT dan keep on fightting.

    FIGHTTO !!!

    ReplyDelete
  3. luar biasa..!!

    penulis penulis muda berbakat telah lahir dari bumi Indonesia..

    terus berkaraya..

    ReplyDelete